Rabu, 16 Oktober 2024

SEPUTAR MANAJEMEN OPERASI DAN PRODUKSI

Manajemen operasi sebenarnya fokus pada kegiatan-kegiatan yang memiliki sasaran yaitu: 

1]. Mengatasi problem (syarat cukup) yang dirasakan oleh seluruh konsumen atau manusia dimuka bumi, 2]. Menciptakan sesuatu yang baru (syarat penting) berupa alat (utility) yang dapat digunakan lebih praktis dan simpel dalam upaya memuaskan pengguna/pemakai produk dan jasa. Jika anda membeli sepeda motor atau mobil sebenarnya yang anda beli bukan barang atau produk namun yang anda beli adalah JASA ! dengan menggunakan motor anda berpeluang lebih cepat tiba, lebih lincah ketika macet, bisa pergi kemanapun yang anda suka, bepergian bisa lebih fleksibel (bebas), nah semua yang anda rasakan tersebut adalah jasa. Jasa bisa anda rasakan jika anda memiliki motor, maka motor inilah yang menjadi "perantara" bagi anda untuk dapat menikmati jasa yang diberikan oleh pabrik motor! demikian juga jika anda membeli mobil, anda akan mendapat JASA dari mobil tersebut berupa: tidak kepanasan, tidak kehujanan, dapat pergi ramai-ramai, bisa angkut barang lebih banyak, bisa dipakai pergi jarak jauh, badan tidak terkena asap, debu, atau polutan lainnya dijalanan, dan sebagainya. Sehingga yang anda beli bukan mobil namun jasanya mobil, dalam kondisi seperti ini maka jika anda membeli mobil, sebenarnya yang dibeli bukan produknya namun manfaat produk tersebut, manfaat itulah kita sebut dengan JASA . Anda sekarang kuliah untuk mendapatkan ilmu (syarat cukup) dan mendapatkan legalitas atau ijazah (syarat penting). Anda mengurus SURAT IJIN MENGEMUDI agar anda bebas berkendara di jalan raya (syarat cukup), dan fisik SIM yang anda simpan di dompet adalah syarat penting. Manajemen operasi isinya /kandungannya hanya dua saja : SYARAT PENTING ( HASIL CIPTAAN ) DAN SYARAT CUKUP ( MANFAATNYA ).

Seorang mahasiswa dari Unesa sempat bertanya kepada saya saat ada acara ulang tahun di Tunjungan Plasa, saya dijemput lalu pergi ke TP dan parkir di lantai delapan. ketika acara selesai kami beranjak dari lantai 4 menuju lantai 8 (lokasi parkir paling atas) karena semua area parkir penuh (maklum sabtu petang). ketika kami berlima menuju lift sulitnya minta ampun untuk menuju lantai 8, karena setiap pintu lift terbuka, selalu penuh muatan manusia (pengunjung) yang berjubel di dalam lift. Lalu bagaimana caranya bisa balik ke lantai 8?? solusinya bagaimana untuk dapat hinggap ke lantai 8 tersebut maka mau tidak mau kita masuk ketika lift agak kosong menujju turun ke bawah dulu ke area LG (paling bawah), kemudian baru kita bisa pencet tombol (angka) 8 yang artinya kita mau menuju ke lantai 8. Jika tidak melakukan hal tersebut maka cukup lama sekali kita bisa sampai di lantai 8, karena setiap kali pintu lift terbuka selalu menuju ke bawah baik penuh maupun terisi separo.! TP 5 benar-benar ruwet! syarat pentingnya ada (area wisata belanja yang enak & nyaman) namun syarat cukupnya berkurang/tereliminasi (naik lift selalu penuh!). Namun ada hiburannya, beberapa kali bertemu alumni Narotama (kakak kelas anda yang telah lulus studi). Apa yang perlu dirubah di TP 5, liftnya kurang banyak, tidak cukup dua lift saja di setiap lantai, bila perlu jadikan lima lift . TP letaknya strategis, harusnya saat pertama dibangun harus sudah dipikirkan bahwa lokasi wisata belanja ini suatu saat kelas menjadi ICON surabaya, harusnya sudah dipikirkan yaitu jumlah lift untuk mobilitas manusianya (pengunjung). Sekarang ini baru terasa betapa pentingnya lift untuk mobilitas pengunjung tersebut, ini namanya syarat cukup (manfaat lift bagi pengunjung lintas lantai atau manfaat lift untuk pengunjung yang hendak menuju ke area parkir. Manfaat litf bagi pengunjung yang baru datang dan manfaat lift bagi pengunjung yang ingin pulang!! Apa pertanyaan mahasiswa Unesa kepada saya? "Pak Putu bagaimana era teknologi digital yang diterapkan pada kendaraan rida 4 dan kendaraan roda 2 saat ini?" Digitalisasi teknologi pada kendaraan dikatan bermanfaat (syarat cukup) jika teknologi tersebut langsung dapat digunakan untuk mengatasi MASALAH saat kendaraan dioperasikan di jalan raya/TOL. Begitu terjadi malfungsi pada kendaraan maka dengan menakan sebuah tombol, problem yang muncul pada tubuh kendaraan dapat segera di atasi dalam hitungan detik. maka ini teknologi digital yang benar-benar memiliki syarat cukup (bermanfaat), jika icon akki menyala pada mobil anda menyala artinya ada yang tidak beres pada sumber baterai kendaran tombol apa yang bisa anda tekan/colok agar masalah tersebut teratasi dalam hitungan detik? ada apa tidak tombolnya?? anda bisa jawab sendiri. Anda pakai motor metic full digital, icon (indikator) suhunya (gambar termometer di dasboard > menyala merah) artinya kemungkinan : ada problem pada air radiator , selang radiator , kipas radiator , termostat , ECU , dan komponen lain bermasalah!! adakah tombol yang bisa anda tekan/colok dengan segera agar masalah bisa teratasi dalam hitungan detik?? jelas tidak ada , karena yang menyala merah tadi hanya berfungsi sebagai indikator! jika ada tombol khusus yang bisa anda tekan (pada remote atau bodi kendaraan) agar problemnya segera hilang maka itulah namanya full digital teknologi .! Metode ini memenuhi syarat cukup! sehingga motor yang anda pakai sekarang ini belum memiliki syarat cukup sama sekali walau dia dikatakan full digital teknologi ! yang full digital teknologi itu apanya?? wong dia hanya bersifat alat indikasi atau indikator ???Ujung-ujungnya untuk mengatasi indokator yang MENYALAN MERAH tadi tetap anda harus datang ke bengkel!! ini bagaimana toh???? harusnya pabrikan motor memberikan tombol khusus pada kendaraan tersebut untuk mengatasi segala jenis problem yang terjadi secara tiba-tiba ketika kendaraan berada dijalanan. Kendaraan yang irit BBM itu kendaraan yang bagaimana, semua orang tidak mampu menjawab termasuk seorang profesor!! kendaraan yang irit BBM adalah kendaraan listrik !! selama kendaraan tersebut masih menggunakan BBM mana bisa dia irit, karena dipakai setiap hari untuk bergerak dan beraktivitas ! Ujung-ujungnya jika di isi BBM, lama-lama BBM pada tangki kendaraan ya habis juga! Anda ingin menciptakan lemari es/lemari pendingin/kulkas yang hemat listrik??? gunakan tenaga baterai, di chas selama tiga hari, kemudian daya tahan baterainya mampu selama sebulan, itulah lemari es/lemari pendingin/kulkas yang memenuhi syarat cukup yaitu HEMAT LISTRIK !!

Sekarang bumi semakin panas suhunya (sudah meningkat 1.5 derajat lho panasnya bumi), namun upaya mengurangi pemanasan global baru memenuhi syarat penting (ada kebijakan, ada gerakan, ada peraturan, ada sanksi, ada kerjasama global, ada kesepakatan antar negara dan lain-lain) namun kenyataan suhu bumi tidak berkurang, malah semakin panas, jawabnya hanya satu: dari ahli biotani yaitu untuk mengatasi pemanasan global ya jumlah luas ara hutan di muka bumi ini harus ditambah, karena hutan itu paru-paru dunia, pohon menghasilkan oksigen (siang hari), tetapi kenyataannya hutan di dunia semakin gundul, lalu mana bisa negara-negara didunia memerangi pemanasan global ?? Saya beri satu analogi, dirumah anda yang terdiri dari dua lantai suhunya memang sangat gerah, lalu anda menambah jumlah AC di setiap ruangan agar adem dan sejuk (gerah hilang) namun anda juga punya gerakan hemat listrik, ini menjadi kontradiktif. Disatu sisi ingin menjadikan rumah tersebut sejuk dan adem namun disisi lain ingin membuat rumah tersebut hemat listrik !Celakanya penggunaan AC dirumah tersebut bergantung pada sumber daya listrik! mana bisa gerakan hemat listrik bisa tercapai?? itulah problem dunia saat ini terkait pemanasan global.

7 komentar:

  1. mohon izin konfirmasi untuk menampilkan nama beserta nim, dari ringkasan yang saya berikan di atas.

    Imel Prasasti Porwanti
    01224005

    BalasHapus
  2. Nama: Yesica Amellia Putri
    NIM: 01223024
    Prodi: Manajemen B

    Salah satu barang yang sering saya gunakan setiap hari adalah smartphone. Meskipun sudah banyak membantu, ada beberapa hal yang menurut saya masih bisa diperbaiki oleh produsennya:

    1. Daya Tahan Baterai: Banyak smartphone yang baterainya cepat habis, terutama jika dipakai secara terus menerus. Walaupun sekarang terdapat fitur pengisian cepat, seharusnya produsen bisa membuat baterai yang lebih tahan lama.

    2. Keamanan Data: Meskipun sekarang banyak smartphone yang memiliki fitur keamanan seperti sidik jari atau pengenalan wajah, namun masih terdapat resiko data pengguna bocor. Jadi, produsen perlu meningkatkan sistem keamanan supaya informasi pribadi pengguna lebih aman.

    3. Kualitas Kamera dalam Cahaya Rendah: seiring berkembangnya teknologi kamera smartphone semakin canggih, namun hasil foto saat cahaya kurang seringkali kurang bagus. Produsen dapat berinovasi dengan teknologi yang dapat menghasilkan foto lebih baik dalam kondisi gelap.

    4. Performa Multitasking: Saat membuka banyak aplikasi sekaligus, beberapa smartphone terkadang lag atau lemot. hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan pada hardware dan software agar multitasking jadi lebih lancar.

    Dengan perbaikan di hal-hal ini, smartphone bisa menjadi alat yang lebih sempurna dan lebih bermanfaat bagi penggunanya.

    BalasHapus
  3. Moh Singgih Haryatmo Artanto 0122402022 Oktober 2024 pukul 06.06

    Rangkuman: Manajemen Operasi dan Produksi

    Manajemen operasi berfokus pada dua aspek utama: mengatasi masalah yang dihadapi konsumen dan menciptakan alat yang praktis untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Dalam konteks ini, produk yang dibeli, seperti sepeda motor atau mobil, bukanlah barang fisik semata, tetapi jasa yang ditawarkan, seperti kenyamanan dan fleksibilitas dalam berkendara.

    Contoh dari pengalaman seorang mahasiswa di Tunjungan Plasa menggambarkan masalah mobilitas yang timbul akibat keterbatasan lift, menunjukkan pentingnya syarat cukup untuk mendukung pengalaman pengguna. Pertanyaan mengenai digitalisasi teknologi pada kendaraan menggarisbawahi kebutuhan akan solusi yang efektif dan cepat dalam menangani masalah saat berkendara. Meskipun kendaraan modern sering dilabeli dengan teknologi canggih, banyak dari mereka hanya menyediakan indikator masalah tanpa solusi langsung.

    BalasHapus
  4. KUSNUL KHOTIMAH0122404622 Oktober 2024 pukul 06.21

    Rangkuman: Manajemen Operasi dan Produksi

    Manajemen operasi berfokus pada dua aspek utama: mengatasi masalah yang dihadapi konsumen dan menciptakan alat yang praktis untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Dalam konteks ini, produk yang dibeli, seperti sepeda motor atau mobil, bukanlah barang fisik semata, tetapi jasa yang ditawarkan, seperti kenyamanan dan fleksibilitas dalam berkendara.

    Contoh dari pengalaman seorang mahasiswa di Tunjungan Plasa menggambarkan masalah mobilitas yang timbul akibat keterbatasan lift, menunjukkan pentingnya syarat cukup untuk mendukung pengalaman pengguna. Pertanyaan mengenai digitalisasi teknologi pada kendaraan menggarisbawahi kebutuhan akan solusi yang efektif dan cepat dalam menangani masalah saat berkendara. Meskipun kendaraan modern sering dilabeli dengan teknologi canggih, banyak dari mereka hanya menyediakan indikator masalah tanpa solusi langsung.

    Dalam konteks lingkungan, upaya mengatasi pemanasan global masih menghadapi tantangan. Kebijakan dan gerakan untuk melestarikan hutan perlu diperkuat, karena hutan merupakan paru-paru dunia. Meskipun ada upaya untuk menghemat energi, penggunaan AC yang berlebihan menciptakan kontradiksi dalam upaya penghematan energi, menunjukkan kompleksitas masalah yang dihadapi dunia saat ini.

    BalasHapus
  5. Nama : Siti Choiriyah
    Nim : 01223019
    Prodi : Manajemen B

    Salah satu utilitas yang sering saya gunakan adalah sepeda listrik. Meskipun sepeda ini praktis dan ramah lingkungan, masih ada beberapa aspek yang perlu disempurnakan. Misalnya, banyak sepeda listrik yang memiliki daya tahan baterai terbatas, sehingga pengguna sering kali khawatir kehabisan daya saat dalam perjalanan jauh. Selain itu, sistem pengereman pada beberapa model terkadang kurang responsif, yang dapat menimbulkan risiko keselamatan. Produsen sebaiknya mengembangkan sepeda listrik dengan baterai yang lebih tahan lama dan sistem pengereman yang lebih canggih, agar pengguna dapat menjelajahi perjalanan dengan lebih aman.

    BalasHapus
  6. Nama: Siti Nur Aisyah
    Nim: 01222033
    Prodi: Manajemen B

    Inti dari manajemen operasi dan produksi adalah memastikan produk atau jasa bukan hanya tersedia, tetapi juga memberikan manfaat nyata bagi konsumen. Sebagai contoh, membeli motor atau mobil sebenarnya bukan hanya untuk memiliki barang, melainkan untuk menikmati manfaatnya, seperti kenyamanan dan mobilitas. Begitu juga di pusat perbelanjaan, fasilitas lift yang cukup akan menunjang pengalaman pengunjung; tanpa itu, kenyamanan berkurang. Di era digital, meskipun banyak kendaraan dilengkapi teknologi canggih, kebanyakan hanya sebagai indikator, bukan solusi langsung. Sebagai contoh, ketika indikator kendaraan menunjukkan masalah, sering kali tetap diperlukan bantuan bengkel. Di sisi lain, upaya global untuk mengurangi pemanasan bumi seringkali baru berupa kebijakan tanpa tindakan yang cukup nyata, seperti menjaga hutan yang berperan penting dalam menyerap karbon. Dengan kata lain, keseimbangan antara memiliki fasilitas (syarat penting) dan memastikan manfaatnya dirasakan konsumen (syarat cukup) sangat diperlukan dalam manajemen operasi.

    BalasHapus
  7. Nama: Celvin Setya Jaya Pratama
    Nim: 01223046
    Prodi: Manajemen B

    Manajemen Operasi dan Produksi
    Manajemen operasi berfokus pada dua hal utama: mengatasi masalah yang dirasakan oleh konsumen dan menciptakan produk yang bermanfaat. Contoh seperti membeli kendaraan, di mana yang dibeli bukan hanya produk itu sendiri, tetapi juga jasa dan manfaat yang ditawarkannya.
    banyak sepeda listrik yang memiliki daya tahan baterai terbatas, sehingga pengguna sering kali khawatir kehabisan daya saat dalam perjalanan jauh. Selain itu, sistem pengereman pada beberapa model terkadang kurang responsif, yang dapat menimbulkan risiko keselamatan. Produsen sebaiknya mengembangkan sepeda listrik dengan baterai yang lebih tahan lama dan sistem pengereman yang lebih canggih, agar pengguna dapat menjelajahi perjalanan dengan lebih aman. Dengan kata lain, keseimbangan antara memiliki fasilitas (syarat penting) dan memastikan manfaatnya dirasakan konsumen (syarat cukup) sangat diperlukan dalam manajemen operasi.

    Balas

    BalasHapus