Minggu, 30 Mei 2010

ORGANISASI KELAS GLOBAL


Kita sudah teramat sering mendengar istilah ini, namun dalam penerapannya masih banyak kekeliruan dan kesalahan, tidak perlu dijelaskan secara rumit apa yang dimaksud dengan istilah tersebut, namun harus dipahami dengan benar apa yang terkandung (hal-hal, aspek, konten, aktivitas) dalam World Class Organization (Fred Lawson). Salah satu perangkat untuk menerapkan World Class Organization adalah service excellent. Apa yang dimaksud service excellent dalam prakteknya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan serius dan tidak main-main, antara lain:

[Bersedia berbagi dan memberi perhatian kepada customer, klien, pelanggan, user tanpa mengenal waktu, karena kehadiran kita untuk melayani mereka] [Sabar dan tidak mudah marah dalam memberi pelayanan, pelayanan dengan penuh kesabaran akan mendatangkan manfaat bagi pelanggan] [Bersifat informatif, memberikan segala informasi sesuai yang di inginkan pelanggan tanpa batas waktu karena pelayanan sebenarnya sebuah aktivitas yang tidak pernah berujung] [Pelayanan sebagai suatu kebersamaan tanpa berat sebelah, dan semua dianggap sebagai sesuatu yang sama penting] [Murah senyum dan selalu tanggap terhadap permasalahan] [Memberikan sesuatu secara ikhlas tanpa adanya konsekuensi atau tuntutan] [Rela berkorban waktu, tenaga dan pikiran guna memberikan solusi terbaik setiap menghadapi permasalahan dari pelanggan] [Pelanggan merupakan bagian dari perusahaan, tanpa mereka kita tidak dapat berbuat apa-apa] [Pelanggan merupakan aset perusahaan yang memiliki nilai tak terhingga, oleh karena itu berusahalah mempertahankan mereka dengan baik] [Melayani merupakan proses berkesinambungan yang tidak mengenal waktu dan tidak mengenal tempat] [Melayani membutuhkan tenggang rasa sehingga hasilnya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan pelanggan] [Dalam melayani terapkan segala peraturan secara fleksibel sehingga peraturan yang dibuat terasa manfaatnya bagi pelanggan] [Melayani pelanggan seperti melayani keluarga sendiri] [selalu berusaha mengantisipasi/memenuhi tuntutan pelanggan yang selalu berubah/majemuk][berikan segala bentuk informasi yang selalu up to date/terkini][memberikan segala kemudahan, bukan hanya janji][menciptakan kebersamaan melalui event-event tertentu][membuat komuniti/member][minimisir segala bentuk persoalan mereka]

Tanpa bantuan pelanggan, sulit membuat sebuah organisasi menjadi unggul, mengingat kontribusi pelanggan sangat besar bagi organisasi untuk mencapai semua tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar